" "

Selasa, 31 Januari 2012

Pantai Tanjung Belitong



Ingin berkunjung ke salah satu pantai tercantik di Asia Tenggara dengan biaya yang murah dan waktu yang singkat? Anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Pantai Pattaya Thailand atau ke Pantai Sanur di Bali. Cukup membutuhkan waktu 45 menit dari Jakarta, silakan pergi ke Pantai Tanjung Tinggi, dijamin kita pasti puas untuk menikmati liburan ataupun weekend bersama keluarga.Pantai Tanjung Tinggi atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Bilik ini, terletak di Dusun Tanjung Tinggi Desa Keciput Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau saat ini makin terkenal sebagai Negeri Laskar Pelangi yang letaknya sangat strategis karena diapit oleh 3 pulau besar yakni Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Walaupun tergabung di dalam Provinsi Babel, Kabupaten Belitung tidak satu daratan dengan daerah Bangka, melainkan berada di kepulauan sendiri, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.
Belitung merupakan daerah Kepulauan yang di keliling laut lepas dan gugusan pulau kecil, terletak antara 107.08 BT sampai 107.58 BT, dan 02.03 LS sampai dengan 03.15 LS. walaupun Belitung berbentuk Kepulauan, namun Belitung memiliki 98 pulau besar dan kecil yang mengelilinginya. Sedangkan batas-batas wilayah yang dimiliki Kabupaten Belitung berbatasan dengan Laut Natuna di sebelah utara, Kabupaten Belitung Timur di sebelah Timur, Laut Jawa di sebelah Selatan dan Selat Gaspar di sebelah barat.
Luas daratan Belitung tidaklah besar begitu juga dengan jumlah masyarakatnya yang terdiri dari beberapa ragam etnis. Dengan luas wilayah sebesar 2.293.69 KM dan jumlah masyarakatnya sebesar 145.432 jiwa. Kabupaten Belitung terbagi dalam 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Tanjungpandan, Badau, Membalong, Selat Nasik dan Kecamatan Sijuk, Kecamatan yang memiliki beberapa kawasan wisata pantai yang sangat indah, salah satunya Pantai Tanjung Tinggi.


Panorama
Pantai Tanjung Tinggi memang memiliki panorama alam yang indah, jadi wajar saja dijadikan kawasan wisata andalan yang dimiliki Kabupaten Belitung. Apalagi dalam setiap tahunnya sangat banyak sekali wisatawan yang datang ke Pantai Tanjung Tinggi, baik dari mancanegara maupun wisatawan nusantara. Tercatat, lebih dari 20% peningkatan kunjungan wisatawan ke pantai ini dalam setiap tahunnya. Tentu saja membuat pantai Tanjung Tinggi di jadikan obyek wisata andalan Pemerintah Kabupaten Belitung.


Panorama alam yang dimiliki Pantai Tanjung Tinggi memang sangat memikat dan eksotis. Bagaimana tidak sejauh mata lepas memandang, yang akan dilihat hanyalah sebuah keindahan. Perpaduan pasir putih halus yang berkilau diterpa sinar mentari dan bebatuan granit yang berdiri gagah dan megah, membuat Pantai Tanjung Tinggi memiliki karakter tersendiri pada wajah keindahan pantai di Indonesia .
Selain memiliki panorama alam yang indah, kawasan wisata Pantai Tanjung Tinggi juga biasa dijadikan sebagai kawasan pemancingan, olahraga diving, bermain jet ski dan olahraga laut lainnya. Bagi masyarakat yang memiliki hobi memancing kawasan pantai ini juga memiliki kekayaan laut yang sempurna, mulai dari berbagai jenis ikan laut baik untuk konsumsi lokal maupun konsumsi ke luar negeri. Dan bagi yang hobi diving, panorama alam bawah laut seperti terumbu karang yang dimiliki sangatlah indah, tidak kalah dengan Bunaken. Terumbu karang ini tidak pernah dijamah tangan-tangan jahil sehingga keindahannya tetaplah abadi. Bahkan keindahan terumbu karang ini dapat di lihat secara kasat mata saat kita berada di atas kapal. Bagi yang memiliki hobi bermain jet ski, dengan waktu yang singkat kita dapat menyinggahi pulau-pulau dan tempat-tempat obyek wisata lainnya seperti Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Burung dan Pulau Lengkuas dengan obyek wisata mercusuar peninggalan zaman kolonial Belanda.
Kawasan wisata Tanjung Tinggi memang memiliki panorama alam yang indah dan kekayaan laut yang sempurna, tidak di ragukan lagi. Jika dijadikan sebagai salah satu pontensi kawasan wisata untuk menarik wisatawan dari luar negeri. Apalagi jika digarap secara maksimal seperti pantai-pantai yang ada di Bali. Jika kita pernah menonton film Laskar Pelangi, atau pernah melihat video klip Nidji, band papan atas Indonesia, kita tentu ingat ketika Ikal bersama teman-temannya berlari-larian di daerah bebatuan granit seusai pulang sekolah dan berdiri berjajar di atas sebuah batu granit raksasa. Itu adalah kawasan wisata Pantai Tanjung Tinggi, yang dalam setiap tahunnya di gelar ritual Buang jong, ritual selamatan laut oleh nelayan yang biasa digelar di bulan September. Buang Jong, salah satu acara adat Belitong yang biasanya dibarengi dengan pagelaran kesenian khas Belitong lainnya.


SUMBER REFERENSI :
http://www.sumeks.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1355:pantai-tanjung-tinggi-belitong&catid=123:monica-perjalanan&Itemid=123

0 komentar:

Posting Komentar

" "

cBox.